Selasa, 18 Desember 2012

Ujian Akhir Semester


Perbandingan penugasan mata kuliah psikologi belajar dari matakuliah yang lain

Psikologi belajar adalah matakuliah pilihan yang ada di semester 5 pada fakultas psikologi usu dimana di ampuh oleh buk dina. Dosen Mata kuliah psikologi belajar ini sangat berbeda sekali dari dosen  mata kuliah lainnya seperti pada mata kuliah abnormal dimana biasanya kami melakukan presentasi dan pastinya kami juga harus membuat makalah dulu sebelum presentasi, kami harus menguasai bahan yang akan kami presentasikan terkadang kami membahas kasus bersama beraitan dengan contoh-contoh materi kami dan begitu seterunya untuk pertemuan- pertemuan selanjutnya media yang di gunakan juga cuman itu-itu saja tidak ada hal-hal baru ataupun perubahan dalam mengajar ataupun belajar 

tetapi untuk di mata kuliah psikologi belajar ini sangat berbeda sekali kami tidak pernah presentasi,  tidak pernah disuruh buat makalah, bahas kasus dan setiap pertemuan tiap minggu nya itu selalu saja beda-beda kegiatan belajar yang kami lakukan dan banyak juga media yang digunakan dosen pengampu mata kuliah pikologi belajar sehingga wawasan kami terbuka lebar dengan menggunakan akses blog setiap minggunya buk dina juga menyediakan beberapa metode belajar yang terkadang kami sendiri tidak menyangka dan menebak apa yang akan ia lakukan di setiap pertemuan itu dengan hal-hal nya yang tidak kami sangka itu contohnya pada minggu itu buk datang kekelas dan menyuruh kami untuk duduk berjarak dari teman yang sebelahnya kemudian ibuk memberikan dua lembar kertas seperti sertifikat dan satu  lembar kertas hvs dan kami disuruh mengubah 3 kertas itu menjadi suatu produk tanpa menggunakan alat bantu apa saja selain pulpen dan setelah itu hasil karya kami di beri penilaian dari teman-teman dan selanjutnya 6 terbaik menjadi pemenang dan mendapatkan reward dari buk dina sungguh tidak di sangga apa yang ia lakukan dan yang ia lakukan itu ternyata sebuah pembelajaran dan sekaligus contoh nyata dari teori skinner.

            Banyaknya media yang digunakan dosen psikologi belajar menurut gagne dalam teorinya kadang kala media ini kurang efisien karena riset tentang pemanfaatan media mengidikasikan bahwa tidak ada satu medium yang secara universal lebih unggul ketimbang medium lain untuk setiap tipe hasil belajar bagi semua pemelajar ( Gagne et al., 1998, h. 204 ) dan pemilihan media secara artibitrer dapat menyebabkan pengabaian kegiatan pemelajaran penting. Misalnya film atau rekaman audio yang mungkin dapat menyajikan materi naun tidak memuat peristiwa pembelajaran seperti penyediaan pedoman belajar atau jeda aktu untuk member kesempatan pemelajar memberikan respond dan tanggapan juga dengan sedikit pengucalian banyak media yang tidak memadai dalam memberikan cotoh-contoh dalam pembelajara. Apa yag dikatakan gagne ini ternyata fungsi media yang digunakan buk dina dalam memberikan pembelajaran tidak terkait dengan faktor penyebab ketidak berfungsian faktor media dimana selama ini buk dina mengajar yang selalu menggunakan media itu sangat efisien dan tidak ada pengabaian yang terjadi dalam kegiatan pemelajaran yang penting.

            Perbandingan penugasan yang lainnya juga terdapat pada mata kuliah psikologi belajar yaitu terdapat pada tugas tugas mempoting yang selalu berpariasi dimana tiap minggunya kita posting yang berbeda beda misalnya minggu ini kita posting main map, pertemuan selanjutnya kita posting tentang pengalaman pribadi kita, pertemuan selanjutnya kita posting pembahasan jurnal dan lain-lainya yang semuanya itu walaupun kita bebas berkreasi tapi tidak lupa kita tetap topik dalam tiap-tiap bab yang kita harus kaitkan tugas-tugas kita itu dengan teori-teori yang kita pelajari yang ada pada buku pegangan kita, penugasan ini juga unik dimana pada saat ujian tengah semester kami tidak ujian pada saat ujian berlangsung dan uniknya kami ujian itu hanya di beri tugas buat posting tentang aplikasi dari teori-teori yang sudah kami pelajari dan itu bukan tugas individu tetapi buat satu kelompok sungguh beda sekali dari mata kuliah lainnya dimana saat ujian kita harus ujian seperti biasa dengan bahan yang banyak, kita harus menghapal dan itu untuk kita individu.

            Buk dina selalu membuat belajar itu menyenangkan dimana buk dina selalu membuat belajar itu dapat terjadi baik karena ada ataupun tidak adanya kegiatan pembelajaran seperti halnya yang dikatakan gagne. Akan tetapi maing-masing tahapan belajar yang diidentifikai oleh gagne mungkin di pengaruhi oleh kejadian di luar diri si pembelajar seperti halnya yang terjadi pada kami dimana buk dina selalu saja apa yang dilakukan buk dina itu selalu hal-hal yang kadang kala tidak terpikirkan oleh kami. Dan fokos metode pembelajaran yang digunakan buk dina ini berkaitan dengan focus dalam prinsip gagne yang mana bukan sekedar pembelajaran sederhana yang mana masudnya juga untuk menangani semua kejadian yang mungkin mempengaruhi belajar individu ( Gagne & Briggs, 1979 ) 

            Pembelajaran yang di berikan buk dina dalam penugasan itu juga berkaitan dengan dengan prinsip gagne untuk desain dan pengembangan pembelajaran yang merupakan bagian dari upaya yang lebih besar yang dikenal sebagai desain system yang terkait pada lima asumsi mendukung rekomendasi gagne untuk desain pembelajaran yaitu pertama adalah pembelajaran haru didesain untuk sisa perorangan sebab belajar terjadi di dalam diri seseorang dan keempat fungsi lainnya menjadi dasar untuk desain pembelajaran yang sistematis dengan kemungkinan untuk uji coba dan desain ulang bila di perlukan dan keempat asumsi tersebut menempatkan rencana pembelajaran harian di dalam rencana jangka panjang. Berkaitan dengan  metode pembelajaran psikologi belajar ini asumsi pertama dimana pembelajaran harus di rancang untuk memfasilitasi belajar siswa individual seperti halnya kami yang dalam penugasan kadang kala kami dalam penugasan melakukannya dengan kelompok dan kadang kala kami juga melakukannya individu disini jelas sekali meskipun kami sering dikelompokkan dalam pengerjaan tugas untuk pemrosesan belajar namun belajar tetap saja dalam penilaian itu pasti perindividu.
           
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar