Sabtu, 08 Desember 2012

Testimoni dalam Pelaksanaan Observasi Lapangan


Testimoni 

            Kesan pertama saya pada saat melaksanakan observasi ini saya sangat senang dan gembira dimana ini adalah pertama kalinya saya observasi ke skolah SMK yang menggunakan metode pembelajaran E-learning yang dimana media pembelajarannya sangat canggih, dimana siswa-siswi nya saya lihat rata-rata mempunyai laptop yang juga di gunakan untuk media pembelajaran mereka, saya juga senang melakukan observasi disana dimana siswa dan guru-gurunya sangat ramah-ramah dan sangat welcome kepada kita semua walaupun awalnya saya merasa malu-malu dan gerogi saat berhadapan langsung di depan kelas memperkenalkan diri kepada mereka. 

Kelebihan Dan Kekurangan Dari Proses Observasi 

Kelebihan : kita mendapatkan suatu pembelajaran yang sangat berharga dan kita dapat menyaksikan dan mengamati secara langsung  proses belajar di dalam kelas yang menggunakan metode e-learning pada anak SMK tersebut. 

Kekurangan : waktu yang tidak pas saat mengobservasi dan terlihat kaku karena kita cumin mengobservasi tidak ada kesempatan untuk bercerita-cerita dengan siswa mengenai seputar sekolah dan kegiatan apa saja yang ada di sekolah sehingg kita tidak mendapatkan informasi yang lebih. 


Saran :
            Saran saya untuk kedepannya untuk melakukan observasi lapangan lagi sebaiknya segala sesuatunya itu benar-benar di persiapkan matang-matang dan untuk waktunya di pilih waktu yang lebih bagus dan pas untuk melaksanakan observasinya agar kita benar-benar mendapatkan data observasi yang benar-benar bagaimana metode pembelajaran yang sebenarnya itu karena saya lihat kelas yang sedang saya observasi itu kurang cocok untukdi observasi karena mereka memang benar-benar tidak ada belajar karena mereka cuman di berikan soal dari gurunya dan mereka mencatatnya dan guru menyuruh mereka mengerjakan tapi guru tidak mengawasi pengerjaan mereka sehingga yang saya lihat dari 22 orang siswa itu hanya 5 orang yang benar-benar mengerjakan latihan yang di berikan gurunya dan untuk selebihnya hanya mencatat dan abis mencatat mereka bercerita-cerita kepada temannya jadi sarannya kalau mau melakukan observasi lagi carilah waktu yang benar-benar mereka lagi belajar matapelajaran bukan mengerjakan latihan-latihan yang gurunya tidak ada memberikan penjelasan dan saran selanjutnya kalau biasa kita setelah melaksanakan observasi kita diberikan kesempatan untuk berintreaksi kepada siswa-siswinya agar kita mendapatkan informasi tambahan dan agar kita dapat memberikan ucapan terima kasih kepada mereka melalui permainan teka-teki ataupun games-games kecil yang tidak harus memakan waktu yang lama.
           
Demikian analisis dan laporan saya saat melaksanakan observasi lapangan di SMK Tritech Informatika pada tanggal 05 Desember 2012. Terimaksih saya ucapkan kepada semua yang bersangkutan dan terutama terima kasih banyak untuk dosen pengampu mata kuliah psikologi belajar yang telah memberi kesempatan dan kepercayaan kepada kami untuk melakukan observasi lapangan ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar