Kamis, 20 Desember 2012

UJIAN AKHIR SEMESTER


Perbandingan Penugasan Mata Kuliah Psikologi Belajar dari Matakuliah Yang Lain


Psikologi belajar adalah Mata kuliah pilihan yang ada di semester 5 pada Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara. Mata kuliah Psikologi Belajar ini di ampuh oleh Buk Dina. Matakuliah psikologi belajar adalah mata kuliah yang bergerak di Departemen Pendidikan di Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara. Mata Kuliah Psikologi Belajar ini menggunakan buku pegangan wajib berjudul “ Learning And Instruction “ dari Margaret E. Gredler. Perbandingan penugasan mata kuliah psikologi belajar ini dari mata kuliah lain yaitu dimana mata kuliah ini sangat berbeda sekali dari mata kuliah lainnya contohnya pada mata kuliah abnormal dimana biasanya kami melakukan presentasi dan pastinya kami juga harus membuat makalah dulu sebelum presentasi, kami harus menguasai bahan yang akan kami presentasikan terkadang kami membahas kasus bersama beraitan dengan contoh-contoh materi kami dan begitu seterusnya untuk pertemuan- pertemuan selanjutnya media yang di gunakan juga cuman itu-itu saja tidak ada hal-hal baru ataupun perubahan dalam mengajar ataupun belajar 

Tetapi untuk di mata kuliah psikologi belajar ini sangat berbeda sekali sebelum masuk kelas kami harus sudah membaca materi dan kami harus sudah posting pembahasan dari materi tersebut di blog kami masing-masing, kami juga tidak pernah presentasi, tidak pernah disuruh buat makalah, bahas kasus, tidak pernah kuis dan setiap pertemuan minggu nya itu kami selalu saja beda-beda kegiatan belajar yang kami lakukan dan banyak juga media yang digunakan dosen pengampu mata kuliah pikologi belajar ini sehingga wawasan kami terbuka lebar dengan menggunakan akses blog setiap minggunya buk Dina juga menyediakan beberapa metode belajar yang terkadang kami sendiri tidak menyangka dan menebak apa yang akan ia lakukan di setiap pertemuan itu dengan hal-hal nya yang tidak kami sangka contohnya saja  pada minggu pertemuan tentang Bab 4 tentang Pengkondisian Berpenguat Skinner minggu itu ketika buk Dina datang kekelas tiba – tiba buk Dina menyuruh kami untuk duduk berjarak dari teman yang sebelahnya kemudian ia memberikan dua lembar kertas seperti sertifikat dan satu  lembar kertas Hvs dan kami disuruh mengubah 3 kertas itu menjadi suatu produk tanpa menggunakan alat bantu apa saja selain pulpen kami pun melaksanakan apa yang di tugas kan nya dan setelah kami selesai membuat suatu produk itu buk Dina menyuruh kami memberikan penilai-a kepada karya teman-teman kami dan selanjutnya buk dina mencari 6 terbaik yang menjadi pemenang dan mereka 6 terbaik tersebut mendapatkan reward dari buk Dina yang di beli nya menggunakan uang pribadinya wahh seru banget kan sungguh tidak di sangka- sangka bukan dan apa yang terjadi dan yang dilakukan buk Dina itu ternyata sebuah pembelajaran dan sekaligus contoh nyata dari teori skinner.

            Sungguh banyak media yang di gunakan dosen mata kuliah Psikologi Belajar ini dan banyaknya media yang digunakan dosen psikologi belajar ini dapat di kaitkan menurut Gagne dalam teorinya dimana kadang kala media ini kurang efisien karena riset tentang pemanfaatan media yang mengidikasikan bahwa tidak ada satu medium yang secara universal lebih unggul ketimbang medium lain untuk setiap tipe hasil belajar bagi semua pemelajar ( Gagne et al., 1998, h. 204 ) dan pemilihan media secara artibitrer dapat menyebabkan pengabaian kegiatan pemelajaran yang penting. Misalnya film atau rekaman audio yang mungkin dapat menyajikan materi namun tidak memuat peristiwa pembelajaran seperti penyediaan pedoman belajar atau jeda waktu untuk memberi kesempatan pemelajar memberikan respond dan tanggapan juga dengan sedikit pengucalian banyak media yang tidak memadai dalam memberikan cotoh-contoh dalam pembelajara. Apa yang dikatakan gagne ini ternyata fungsi media yang digunakan buk Dina dalam memberikan pembelajaran tidak terkait dengan faktor penyebab ketidak berfungsian faktor media dimana selama ini buk Dina mengajar yang selalu menggunakan media itu sangat efisien dan dalam pengajaran nya yang selama ini dilaksanaannya tidak ada pengabaian yang terjadi dalam kegiatan pemelajaran yang penting.

            Perbandingan penugasan yang lainnya juga terdapat pada mata kuliah psikologi belajar yaitu terdapat pada tugas tugas mempoting yang selalu berpariasi dimana tiap minggunya kita posting yang berbeda beda misalnya minggu ini kita posting main map, pertemuan selanjutnya kita posting tentang pengalaman pribadi kita, pertemuan selanjutnya kita posting pembahasan jurnal dan lain-lainya yang semuanya itu walaupun kita bebas berkreasi tapi tidak lupa kita tetap topik dalam tiap-tiap bab yang kita harus kaitkan tugas-tugas kita itu dengan teori-teori yang kita pelajari yang ada pada buku pegangan kita, penugasan ini juga unik dimana pada saat ujian tengah semester kami tidak ujian pada saat ujian berlangsung dan uniknya kami ujian itu hanya di beri tugas buat posting tentang aplikasi dari teori-teori yang sudah kami pelajari dan itu bukan tugas individu tetapi buat satu kelompok sungguh beda sekali dari mata kuliah lainnya dimana saat ujian kita harus ujian seperti biasa dengan bahan yang banyak, kita harus menghapal dan itu untuk kita individu.

            Buk Dina selalu membuat belajar itu menyenangkan dimana buk Dina selalu membuat belajar itu dapat terjadi baik karena ada ataupun tidak adanya kegiatan pembelajaran seperti halnya yang dikatakan Gagne. Akan tetapi masing-masing tahapan belajar yang di identifikasi oleh Gagne mungkin di pengaruhi oleh kejadian di luar diri si pembelajar seperti halnya yang terjadi pada kami dimana buk Dina selalu saja apa yang dilakukan buk Dina itu selalu hal-hal yang kadang kala tidak terpikirkan oleh kami. Dan fokos metode pembelajaran yang digunakan buk dina ini berkaitan dengan fokus dalam prinsip Gagne yang mana bukan sekedar pembelajaran sederhana yang mana maksudnya juga untuk menangani semua kejadian yang mungkin mempengaruhi belajar individu ( Gagne & Briggs, 1979 ). 

            Pembelajaran yang di berikan buk dina dalam penugasan itu juga berkaitan dengan prinsip Gagne untuk desain dan pengembangan pembelajaran yang merupakan bagian dari upaya yang lebih besar yang dikenal sebagai desain sistem yang terkait pada lima asumsi mendukung rekomendasi gagne untuk desain pembelajaran yaitu pembelajaran haru didesain untuk sisa perorangan sebab belajar terjadi di dalam diri seseorang dan keempat fungsi lainnya menjadi dasar untuk desain pembelajaran yang sistematis dengan kemungkinan untuk uji coba dan desain ulang bila di perlukan dan keempat asumsi tersebut menempatkan rencana pembelajaran harian di dalam rencana jangka panjang. Berkaitan dengan  metode pembelajaran psikologi belajar ini asumsi pertama dimana pembelajaran harus di rancang untuk memfasilitasi belajar siswa individual seperti halnya kami yang dalam penugasan kadang kala kami dalam penugasan melakukannya dengan kelompok dan kadang kala kami juga melakukannya individu disini jelas sekali meskipun kami sering dikelompokkan dalam pengerjaan tugas untuk pemrosesan belajar namun belajar tetap saja dalam penilaian itu pasti per individu.
           
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar