Rabu, 10 Oktober 2012

APLIKASI TEORI SKINNER



Hari ini tepatnya tanggal 10 oktober 2012 jam 11.00 wib tadi pagi seperti biasa kami masuk kelas mata kuliah pilihan semester 5 yaitu Psikologi belajar yang di bimbing oleh dosen tercinta kami yaitu Ibu Filia Dina Anggaraeni, M.Pd.



             Hari ini tidak seperti hari biasanya saat kami kuliah mata kuliah ini dimana kami selalu diskusi dengan kelompok kecil kami dalam mata kuliah ini. Ketika ibuk dina masuk ke  kelas ibuk dina menyuruh kita untuk duduk berjarang sekitar 2 meter jauhnya dari teman kita yang disebelahnya kami pun terkejut dan khususnya saya pribadi merasa deg-deg an dan bertanya-tanya ada apa ini apakah kita mau kuis hahaha J itulah yang saya pikirkan tadi saat ibuk memberikan arahan menyuruh kami bergeser tempat duduk yang tidak seperti biasanya dan selanjutnya ibuk menyuruh kami untuk tidak meletakkan apapun selain buku pegangan kami khususnya buku psikologi belajar dan sebuah pena hanya itu yang boleh ada di atas meja selebihnya di simpan ke dalam tas. Selanjutnya buk dina membagi kami menjadi dua kelompok yaitu kelompok A dan B dimana termasuklah saya yaitu kelompok A.

            Setelah semuanya duduk rapi buk dina tiba-tiba mengeluarkan sesuatu dari tas kantongannya yang berwarna orens yaitu ada bermacam-macam kertas dimana setelah di bagi-bagikan kami kelompok A dan B ternyata tidak sama mendapatkan jenis-jenis kertasnya dimana kami kelompok A mendapatkan 3 stimulus yaitu berupa 1 lembar sertifikat berukuran A4 , 1 lembarnya juga beruba sertifikat tapi bedanya ukurannya agak sedikit lebih kecil dari ukuran A4 tadi dan 1 lembar HVS kosong dimana setelah kami mendapatkan kertas tersebut buk dina memberikan instruksi kalau kami disuruh menciptakan suatu produk apa saja dari 3 stimulus itu bebas apa saja yang penting tidak menggunakan alat apapun selain hanya pulpen dan buku pegangan psikologi belajar itu. Saya pribadi setelah mendapatkan itu merasa sangat bingung dan bener-benar bingung saya harus membuat apa dari 3 stimulus itu buk dina hanya memberikan waktu kami sekitar 30 menit.

Setalah dimulai 5 menit berlalu saya juga gak tahu apa yang mau saya buat saya benar-benar bingung dan saya hanya diam dan megang-megang kertas-kertas itu sambil saya berpikir dan konsentrasi dan akhirnya 10 menit berlalu saya lipat-lipat saja kertas HVS kosong itu dan saya masih bingung juga entah mau buat apa tapi saya ikuti saja yang ada dipikiran saya dan akhirnya saya pertama melipat-lipat sertifikat yang berukuran sedikit kecil dari HVS itu menjadi seperti kipas gitu dan saya menuliskan di paling bawahnya pengkondisian berpenguat dan di atasnya lagi saya tuliskan skinner gak tahu apa itu yang saya buat dan selanjutnya sertifikat yang berukuran besar saya balik sehingga yang terlihat belakangnya yang tidak ada tulisannya dan saya letakkan itu di paling bawah seperti merupakan suatu alasnya seperti bingkai gitu dan saya letakkan di atasnya kertas yang sudah saya jadikan seperti kipas itu dan selanjutnya HVS kosong itu saya lipat-lipat dan akhirnya saya jadikan seperti bunga yang mekar gitu dan ketika saya buat bunga pada HVS itu ada sisa kertas sedikit dan akhirnya saya robek-robek menjadi panjang-panjang tak terputus gitu seperti tali yang terbuat dari kertas dan itu saya jadikan seperti hiyasannya dan saya namakan lah produk saya itu hiyasan ataupun pajangan yang abstrak karena itu sebenarnya akan menjadi hiyasan yang sempurna apabila sudah diberi lem karena kami gak boleh menggunakan alat-alat lain jadi ya saya cuman biasa membuat hanya terletak di atas karton hvs yang berukuran besar itu dan jadilah seperti berikut :


Ini lah yang saya buat dari 3 stimulus yang diberikan dosen saya. Setelah kami selesai membuatnya kami di beri kcil dan kami di suruh menceritakan apa yang kami buat dan di hubungkan dengan teori skinner dan selanjutnya dikumpul kembali kepada buk dina setelah itu buk dina membagikan kertas kecil kelompok A yang kami ceritakan itu tentang  produk kami kepada kelompok B dan kelompok B disuruh memberi nilai yang angka penilaiannya daro 0-10 dan menuliskannya di sebalah kanan begitu juga kami kelompok A memberi nilai kertas kecil yang kami dapat dan punya teman-teman dari kelompok B itu di sebelah kanan atas di belakang kertas tersebut dan selanjutnya kami di beri kesempatkan untuk memberi nilai pada hasil produknya dan kami diberi kesempatan untuk mendatangi siapa teman yang sedang kami beri nilai tersebut dan memberi nilainya karena buk dina tadi di awal juga bilang kepada kami bahwa nanti dia akan mengambil 3 terbaik dari kelompok A dan 3 terbaik dari kelompok B untuk di beri penghargaan.

Jadi sambung penilaian kedua tadi dan kami harus memberi nilai bagaimana produk yang diciptakannya tersebut dan selanjutnya nilai kedua tersebut di jumlahkan dan di bagi dua dan hasil dari setelah dibagi dua tersebut menjadi skor nilainya dari penilaian teman-teman dan termasuklah pengerjaan saya ini mendapatkan skor nilai 8 yang memeriksa pengerjaan saya yaitu Anisa Gayatri karena dari kelompok A ada 4 orang yang mendapat nilai 8 jadi di poting lagi untuk persetujuan teman-teman yang lain jadi ada 1 orang yang harus digugurkan dan termasuklah saya yang jujur untuk menjadi pemenang 3 terbaik itu sedikit sedih kenapa tidak saya tidak menang tapi saya idak mau berlama-lama bersedih karena haruslah bangga karena dari 47 orang mhasiswa yang mengikuti kuliah itu hanya ada 10 orang yang mendapat nilai 8 dan 1 orang yang mendapatkan nilai tertinggi yaitu 9.

            Jadi apa yang terjadi hari ini dikelas jika dikaitkan dengan teori skinner yaitu dimana apa yang terjadi dikelas tadi itu merupakan praktek dan aplikasi langsung dari teori skinner dimana teori kaum behavoris ini yang lebih dikenal dengan nama teori belajar karena seluruh perilaku manusia adalah hasil belajar sama seperti yang kami lakukan dan hasilkan tadi dari 3 stimulus yang diberikan dosen kami tersebut. Dan dimana ini juga merupakan adanya reinforcement yang dimana reinforcement tersebut adalah setiap konsekuensi behavioral yang memperkuat perilaku yaitu penguatan yang dapat meningkatkan frekuensi respons yang dimana Reinforcement ini juga terbagi dua, yaitu reinforcement positif, dan reinforcement negative. Jadi berkaitan dengan yang terjadi dikelas tadi terjadinya reinforcement untuk mendapatkan perilaku sesuai dengan apa yang yang diinginkan dari pemberi stimulus yaitu Buk Dina yang menginginkan kami menciptakan suatu produk dan terjadinya juga reinforcement positif dimana 3 terbaik dari kelompok A dan 3 terbaik dari kelompok B diberikan buk dina reinforcement positif terhadap perilaku yang dimunculkan mereka dan yang pada akhirnya buk dina juga memberikan reward pada mereka.



2 komentar:

  1. wuidiiiiiiih, tumben panjang bener nih postingan. Kakak yakin 100% ini ngerjainya pake hati dan tidak dalam tekanan apapun. Soalnya bagus isinya.
    hehehehe
    semangat adek sayaaang :*

    BalasHapus
  2. hehehe ea kak wlaupun harus berjuang ke warnet karena modem yang lola x tapi tetep semangatt :D

    BalasHapus