Sabtu, 15 September 2012

TUGAS INDIVIDU ANALISIS PENGALAMAN


Pengalaman Dan Analisis Berdasarkan Teori

Saat saya SMA dulu tepatnya ketika saya duduk di bangku kelas 11-ipa, karena susahnya belajar fisika jadi guru fisika kami memberikan solusi ia mengajak kami untuk les tambahan  belajar fisika.
Awalnya saya memang sangat tidak suka sekali dengan pelajaran fisika jadi saya malas untuk ikut les tambahan tersebut tapi karena ada seseorang yang saya kagumi ketika saya masa-masa SMA itu jadi saya memutuskan untuk ikut les tambahan itu.
Awalnya saya sangat merasa bosan ketika mengikuti les tambahan itu mungkin karena tidak adanya niat saya sama sekali tapi ketika pertemuan kedua esok harinya saya mulai senang mengikuti belajar fisika itu selain karena saya bersemangat karena saya duduk bersamping-sampingan dengan orang yang saya kagumi ternyata hari itu guru fisika kami tidak bisa hadir karena ia cuti untuk persiapan pernikahannya jadi dia menggantikan dirinya dengan temannya yang juga berpengalaman di bidang fisika dan selain itu guru penggantinya itu sangat cantik,muda dan pintar.
Saat itu saya mulai semangat karena Ia mengajarkan kepada kami bagaimana belajar fisika itu dengan senyaman, sepraktis dan sesimpel mungkin dan ia selalu memberikan kepada kami trik-trik yang mudah untuk memecahkan masalah dalam soal-soal itu dan juga dia memberikan contoh-contoh dengan hal-hal yang begitu dekat dengan kita sehingga semuanya terlihat sangat mudah untuk di selesaikan.
Guru baru kami yang cantik itu sangat pintar menghidupkan suasana kelas dan membuat kami tidak merasakan bosan ketika kami dikelas itu karena dia selalu memberikan trik-trik nya dan berusaha untuk memberikan tahu kami kalau belajar fisika itu mudah.
Karena dia mau membuat kami pintar dan kami mendapatkan nilai yang bagus.

Analisis

Analisis pengalaman di atas jika di kaitkan dengan teori belajar (Gagne, 1985) keterampilan, apresiasi dan penalaran manusia dengan semua variasinya dan juga harapan,aspirasi, sikap dan nilai-nilai manusia, yang diakui perkembangannya bergantung pada peristiwa.
               
Pembelajaran harus dikondisikan untuk memunculkan respon yang di harapkan menurut Gagne dalam  Ismail 1998 )

Pengalaman ketika Saya mengikuti les tambahan yang di adakan guru fisika saat saya SMA dulu itu jelas sekali merupakan proses belajar yang saya lakukan. Dimana dari belajar fisika itu terdapat objek yang langsung ataupun tidak langsung yang saya peroleh contohnya : 
1.       Objek –objek langsung yaitu keterampilan-keterampilan,konsep-konsep,fakta-fakta dan prinsip-prinsip dalam fisika.
2.       Objek yang tidak langsung yaitu kemampuan untuk memecahkan suatu masalah dalam pengerjaan soal-soal yang susah,kemampuan untuk berpikir dengan logis, ketekunan kita,ketelitian, sikap positif terhadap pelajaran fisika.

Menurut gagne tingkah laku manusia sangat bervariasi dan berbeda. Yang di kemukan kan gagne tersebut memanglah benar kita sebagai manusia di dunia ini tidak ada yang memiliki sikap yang sama sekalipun ia kembar pasti ia berbeda dan manusia itu memiliki sikap yang bervariasi. Kita juga dapat mengklasifikasikan tingkahlaku sedemikian rupa sehingga dapat diambil implikasinya yang bermanfaat dalam proses belajar.
Semua keterampilan yang dapat diamati sebagai hasil belajar di sebut juga dengan kapabilitas yang dikemukan oleh gagne.
Pengalaman saya saat mengikuti les tambahan fisika jika di kaitkan dengan 5 macam hasil belajar yang dikemukakan oleh gagne. Hasil belajar menjadi lima kategori kapabilitas sebagai berikut :
1.       Informasi verbal  --> kapabilitas informasi verbal merupakan kemampuan untuk mengkomunikasikan secara lisan pengetahuannya tentang fakta-fakta.
 jelas sekalikan seperti yang di pengalaman saya bahwa dimana guru saya yang berperan dimana ia mengkomunikasikan secara lisan pengetahuan tentang fakta-fakta dalam pelajaran fisika tersebut.
2.       Keterampilan intelektual --> kapabilitas keterampilan intelektual merupakan kemampuan untuk dapat membedakan, menguasai konsep aturan  dan memecahkan masalah.
Seperti di pengalaman saya dimana yang dilakukan oleh guru saya ia mengajarkan dengan semudah mungkin fisika itu kepada murid-muridnya bagaimana memecahkan masalah yang ada di soal-soal tersebut,dan bagaimana kita untuk menguasai konsep-konsepnya.
Kapabilitas keterampilan intelektual ini dikelompok kan dalam 8 tipe belajar yaitu belajar isyarat, belajar stimulus respon,belajar rangkaian gerak dan rangkaian varbal, belajar pembentukan konsep, belajar membedakan,belajar pembentukan aturan dan belajar memecahkan masalah.
3.       Strategi kognitif --> Kapabilitas strategi kognitif adalah kemampuan untuk mengkoordinasikan serta mengembangkan proses berfikir dengan cara merekam, membuat analisis dan sintesis
4.       Sikap --> kapabilitasan sikap adalah kecenderungan untuk merespon secara tepat terhadap stimulus atas dasar penilaian terhadap stimulus tersebut.
5.       Keterampilan motorik --> untuk mengetahui seseorang memiliki kapabilitas keterampilan motorik dapat dilihat dari segi kecepatan, ketepatan dan kelancaran gerakan otot-otot serta anggota badan yang diperlihatkan orang tersebut.

Selain itu Gagne memiliki 3 prinsip dari pembelajaran yang efektif :
1.      Memberikan pembelajaran mengenai seperangkat tugas-tugas komponen yang diarahkan untuk membangun tugas final.
Ini berkaitan dengan pengalaman saya dimana guru saya itu untuk mengajar kami dengan memberikan trik-trik yang sesimpel mungkin untuk membuat kami mudah dalam menyelesaikan soal-soalnya dengan mudah.
2.      Memastikan bahwa setiap tugas komponen dikuasai.
Dalam hal ini jelas sekali dimana bahwa guru saya benar-benar menjelaskan dan memberikan contoh-contoh yang mudah untuk membuat kami mudah mengerti dan dapat kami kuasai.
3.      Sekuensi tugas komponen untuk memastikan transfer yang optimal ke tugas final.
Hal ini berkaitan dengan pengalaman saya dimana kami adanya proses yang kami lalui dalam belajar fisika itu dan adnya target yang mau kami capai yaitu supaya kami memahami pelajaran fisika dengan mudah da akhirnya kami bisa mendapatkan nilai yang bagus saat ujian nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar