Selasa, 11 September 2012

Kondisi Belajar Robert Gagne

Kelompok 11 : Lia Hairani          10-001
                        Sri Saputri         10-008
                         Khairunisa P U 10-116



          Keterampilan, apresiasi, dan penalaran manusia dengan semua variasinya, dan juga harapan, aspirasi, sikap, dan nilai-nilai manusia, umumnya diakui bahwa perkembangannya sebagian besar bergantung pada peristiwa yang disebut dengan belajar.(Gagne,1985,h.1)

          Tiga prinsip dari pembelajaran efektif yang disebutkan oleh Gagne dalam analisis tugas latihan adalah : a) memberikan pembelajaran mengenai seperangkat tugas-tugas komponen yang diarahkan untuk membangun tugas final; b) memastikan bahwa setiap tugas komponen dikuasai; dan c) sekuensi tugas komponen untuk memastikan transfer yang optimal ke tugas final (Gagne, 1962a, 1962b).

        Faktor yang dapat memberikan perbedaan dalam pembelajaran : Pertama, analisisnya tentang kegiatan belajar manusia membawanya ke identifikasi lima domain atau keragaman hasil belajar yang berbeda-beda yang merepresentasikan rentang prestasi manusia. Kedua, dia mengidentifikasi keadaan internal dan langkah pemprosesan informasi yang diperlukan untuk belajar di dalam domain atau kategori itu, dan Ketiga, persyaratan untuk pembelajaran yang mendukung belajar. Tarakhir, pedoman untuk mendesain pembelajaran juga memuat riteria seleksi media.
  
Keunikan Hakikat Belajar Manusia
Elemen penting dalam analisis Gagne adalah kaitan belajar dengan perkembangan, kompleksitas belajar pada manusia, dan maslah khusus dengan pandangan-pandangan sebelumnya.
  
Defenisi Belajar
Menurut Gagne, tidak ada defenisi belajar yang memadai karena belajar bukan merupakan proses tunggal. Oleh karena itu, tugas teori belajar adalah mengidentifikasikan seperangkat prinsip yang : (a) mengakomodasi baik itu kompleksitas maupun variasi belajar manusia, dan (b) mengeneralisasikan ke semua situasi yang beragam dan situasi dimana belajar tertentu. Namun Gagne juga berpendapat bahwa jika ingin mendeskripsikan tentang belajar manusia yang memadai harus berlaku disetiap aktivitas manusia diberagam latar dan situasi dimana belajar itu terjadi. Juga, belajar menghasilkan disposisi yang dipertahankan yang dibuktikan oleh kinerja tertentu.

Komponen belajar
Gagne mempunyai kerangka untuk belajar yang didalam kerangka tersebut mempunyai 3 komponen diantaranya : a. system untuk menjelaskan diversitas kapabilitas manusia; b. proses pemerolehan kapabilitas; dan c langkah-langkah dalam pembelajaran yang mendukung setiap langkah dalam belajar.

Lima ragam belajar menurut Gagne : informasi verbal, keterampilan intelektual, strategi kognitif, keterampilan motorik/gerak dan sikap. Kondisi belajar menurut Gagne yaitu kondisi belajar internal dan eksternal. hasil belajar itu ada 5, yang masuk hasil belajar kognitif menurut Gagne  ada tiga macam adalah informasi verbal, keterampilan intelektual, dan strategi kognitif. Sedangkan motorik dan sikap adalah hasil belajar yang lain.

Sembilan tahapan belajar :
Deskripsi
Tahapan
Fungsi
Persiapan Belajar






1.      Memerhatikan
2.      Harapan
3.      Pengambilan kembali (informasi yang relevan dan/ atau keterampilan) untuk dibawa ke ingatan kerja

Memberikan peringatan bagi pemelajar terhadap adanya stimulus
Mengorientasikan pemelajar pada tujuan belajar
Memberi ingatan tentang kapabillitas yang diperlukan
Akuisisi dan kinerja






4.      Persepsi selektif terhadap ciri stimulus
5.      Pengkodean Semantik
6.      Pengambilan kembali dan renspons
7.      Penguatan

Memungkinkan penyimpanan stimulus penting secara temporer didalam ingatan kerja
Transfer ciri stimulus dan informasi terkait ke dalam ingatan jangka panjang
Mengembalikan informasi yang tersimpan ke penggerak respons individual dan mengaktifkan respons
Mengkonfirmasian harapan pemelajar tentang tujuan belajar
Transfer Belajar




8.      Pengambilan petunjuk
9.      Kemampuan generalisasi



Memberikan petunuk tambahan untuk pengingatan kapabilitas di waktu mendatang
Memperkaya transfer belajar ke situasi baru

Hakikat belajar yang kompleks menurut Gagne ada dua yaitu Prosedur dan Hierarki Belajar.

Prinsip Pembelajaran
Asumsi Gagne tentang pembelajaran di kelas mencakup sifat dari pembelajaran dan proses yang disebut sebagai desain pembelajaran.
Inti dari kegiatan pembelajaran adalah menyajikan cirri-ci stimulis,memberikan pedoman belajar,memunculkan kinerja,dan memberikan tanggapan dan umpan balik.
Merancang Pembelajaran Untuk Keterampilan Yang Kompleks
menurut gagne rancangan pembelajaran untuk keterampilan yang kompleks menyajikan peristiwa pembelajaran untuk urutan keterampilan yang ada dalam prosedur dan hirarki belajar.
Isu Pokok Dalam Merancangan Pembelajaran
identifikasi kapabilitas yang akan dipelajari,analisis tugas atas tujuan,pemilihan peristiwa pembelajaran yang cocok.
Kelemahan dari Teori Gagne
Dalam teori  gagne ia mengembangkan teori kondisi belajar untuk menjelaskan berbagai macam proses psikologis yang terlihat didalam riset tentang belajar sebelumnya dan untuk menspesifikasikan dengan tepat urutan kegiatan pembelajaran untuk proses-proses yang teridentifikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar