Rabu, 26 September 2012

TUGAS INDIVIDU


Analisa Pengalaman Berdasarkan Fungsi Umum Teori Belajar 

Disini saya akan menganalisa pengalaman saya berdasarkan fungsi umum dalam tinjauan pustaka.
adapun macam-macam yang terdapat dalam fungsi umum dalam teori belajar itu adalah sebagai kerangka riset, memberikan kerangka organisasi untuk item-item informasi,mengidentifikasi sifat dari peristiwa yang kompleks,mereorganisasi pengalaman sebelumnya,bertindak sebagai penjelasan kerja dari peristiwa.
adapun sebagai berikut :
  • Sebagai Kerangka Riset
Jika dikaitkan dengan pengalaman saya yaitu saat ketika saya semester 2 dan 3 saya mengalami trauma karena ip saya yang selalu turun berturut-turut dan mengalami penurunan yang sangat derastis karena proses blajar saya yang salah dan juga karena keteledoran saya. Sejak itu saya tidak mau sampai terjadi begitu lagi jadi di semester 4 saya mengubah cara pembelajaran saya dan saya bener-bener berusaha untuk mendapatkan ip yang bagus alhamdulillah keinginan saya itu terwujud walau ip saya tidak naik tinggi-tinggi kali tapi setidaknya saya mendapatkan penambahan sks di semester 4  seperti yang disebutkan ( Thorndike,1931) “ kekuatan manusia untuk mengubah dirinya sendiri, yakni untuk belajar, mungkin merupakan aspek yang paling mengesankan dari diri manusia “

  • Memberikan Kerangka Organisasi untuk item-item Informasi
Walaupun menurut teman-teman saya ip saya di semester 4 itu jg masih kurang bagus bagi mereka tapi menurut saya itu sudah cukup dan membuat saya senang karena walaupun begitu setidaknya saya mendapatkan penambahan SKS dari semester yang sebelumnya. Pengalaman saya ini saya memakai teori atribusi weigner.

  • Mengidentifikasi Sifat dari Peristiwa yang Kompleks
Saat itu saya mendapatkan ip 2,65 teman saya mengatakan kepada saya bahwa ip 2,65 itu mendapatkan bobot 20sks tetapi saya mengatakan kepada teman saya bahwa ip 2,65 itu bebas 22 sks teman saya gak percaya padahal saya bener-bener yakin karena saya sudah mencatat informasi itu dari awal saya kuliah dan ini  merupakan Proses identifikasi sifat dari peristiwa yang kompleks dari pangalaman saya ini.

  • Mereorganisasi Pengalaman Sebelumnya
Ketika saya masih kecil ibu saya pernah memarahi saya karena saat saya berumur 4 tahun saya sering memainkan setrikaannya saat ia sedang menyetrika tapi ketika saya beranjak dewasa ibu saya malah selalu memarahi saya dan menyarankan saya untuk selalu nyetrika sendiri. Pengalaman saya ini mereorganisasikan pengalaman memegang pisau.


  • Bertindak sebagai Penjelasan Kerja dari Peristiwa
Pengalaman saya saat saya di awal untuk menjalani semester 4 saya memasang niat untuk mendapatkan nilai yang baik untuk semester selanjutnya tidak kayak semester 2 dan 3 saya belajar dengan giat, mengganti proses pembelajaran saya dan mengerjakan tugas-tugas saya dengan baik.

Dari semua pengalaman yang saya alami jika di kaitan dengan tabel halaman 33 tentang perspektif psikologis tentang faktor-faktor utama dalam belajaryaitu berhubungan dengan perspektif behavioris dimana saya pengalaman saya pada fungsi umum kerangka riset behaviorisme watson dan dimana saya juga mengkaitkan pengalaman saya dengan pengkondisian penguatan B.F Skinner.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar